Apa itu Array, Class, Method & Event di C#

Apa itu Array?
Array dapat ditemui di hampir semua bahasa pemrograman, tujuannya untuk menyimpan banyak data dalam variabel yang sama dan dalam satu tipe data yang sama juga. Penerapan Array sering dilakukan jika seseorang harus menyimpan banyak data dalam satu tipe data, ambil contoh misalkan kita mempunyai 5 data tentang pengukuran tinggi badan, dan kita ingin masukkan itu ke dalam program yang kita buat, jika tanpa Array maka kita akan buat kode programnya seperti,
int[ ] tinggi = new int [5] {
156,159,154,160,161
}; 
Pada contoh diatas kita lihat ada 5 variabel, coba kalau ada 100 variabel yang harus digunakan, pasti akan menghabiskan waktu untuk menulis variabelnya saja.

Apabila kamu mau menggunakan Array , maka ada aturan dasar yang harus kamu ketahui yaitu, Declaration Untuk mendeklarasikan variabel Array harus ditulis dengan cara tipedata[ ] variabelmu contohya seperti string[ ] contoh.
Assignment adalah proses memasukkan data ke dalam Array dan selain itu dilakukan juga pemberian ukuran Array , contohnya seperti
string[ ] contoh = new string [4] // 4 adalah ukuran Array
{
"Motherboard", "Processor", "Power Supply", "Video Card" // ini adalah elemen data
 };
Sumber : Apa itu Array?

Class
Class merupakan suatu tipe data yang menggabungkan data dan fungsi untuk mengakses data. Sebagai contoh suatu kelas kalkulator yang megandung data bilangan1 dan bilangan2 dan memiliki fungsi untuk mengakses data tersebut, seperti : inisialisasi(), penjumlahan(), pengurangan(), perkalian() dan pembagian().
Data dan fungsi yang berada dalam sebuah class dinamakan anggota. Secara lebih khusus , data yang terletak dalam kelas dinamakan anggota data dan fungsi yang berada dalam kelas disebut anggota fungsi atau fungsi anggota atau terkadang disebut metode.
Contoh :
1
2
3
4
5
6
7
class Program
    {
        private static void tulis()
        {
            Console.WriteLine("method pertama");
        }
}

Method
Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehinggga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri.
Penggunaan method mempunya beberapa keuntungan diantaranya :
 Mempermudah perawatan dan manajemen kode.
 Method bisa di panggil dari program utama atau dari sub program yang lain.
 Method dipanggil berulang kali, sehingga tidak perlu menulis ulang kode yang sama ketika dibutuhkan.

Secara umum method dapat dibagi menjadi dua, yaitu method static dan non static. method static hanya dapat di akses dari class, sedangkan method non static dapat di akses dari instances. Masing-masing method tersebut dapat mempunyai parameter atau tidak. Jika sebuah method mempunyai parameter, maka method tersebut dapat menerima dan/atau memberikan nilai kepada pemanggilnya.
Contoh :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
namespace method
{
    class Program
    {
        private static void tulis()
        {
            Console.WriteLine("method pertama");
        }
        private static void garis()
        {
            Console.WriteLine("--------------------------");
        }
        public static void Main(string[] args)
        {
            garis();
            tulis();
            garis();
            garis();
            Console.Write("Press any key to continue . . . ");
            Console.ReadKey(true);
        }
    }
}
Sumber : Class & Method

Event merupakan kejadian atau tindakan yang diberikan dan dialami suatu objek, event ada banyak sekali dan tergantung dari objeknya. Sebuah objek memiliki objek yang berbeda-beda dengan objek yang lain,antara lain yang sering dipakai adalah :

Click : Kejadian yang berlangsung ketika suatu objek diklik dan biasanya berlaku untuk tombol

DoubleClick : Kejadian yang berlangsung ketika suatu objek di double click

Load : Kejadian yang berlangsung ketika suatu objek (biasanya form) dijalankan

Active : Kejadian yang berlangsung ketika suatu objek dalam keadaan diaktifkan atau dipilih

Change : Kejadian yang berlangsung ketika suatu objek menerima input atau perubahan nilai

Sumber : Event

0 comments: