Laporan Instalasi dan Pengenalan OS. Microsoft Windows


Ini adalah Laporan pertamaku dari Praktikum Pengantar Teknologi Informasi (PTI), Laporan Ini diberi Judul "Instalasi dan Pengenalan OS. Microsoft Windows" Silahkan bagi yang ingin mendownload laporan ini bisa klik link dibawah ini :
DOWNLOAD DISINI

LAPORAN PRAKTIKUM I
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

INSTALASI DAN PENGENALAN OS. MICROSOFT WINDOWS


BAB I 
PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang
Komputer merupakan salah satu alat vital bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Komputer tidak dapat dioperasikan begitu saja, karena di dalamnya terdapat perangkat keras yang disebut dengan Hardware yang saling dihubungkan dengan kabel. Hardware sendiri walaupun sudah terpasang dengan benar tidak bisa langsung digunakan begitu saja karena masi diperlukan Softwarenya. Untuk itu, kita harus menginstal dulu Program yang kita butuhkan untuk mengoperasikan komputer kita.
Kita dapat memilih beberapa program yang sudah ada, untuk saat ini yang kita bahas adalah OS. Microsoft Windows. Masih banyak Sistem Program yang lain namun kita pilih beberapa dari program tersebut. Dari ketiga Program yang saya pilih ini banyak sekali perbedaannya namun masih ada kaitannya. Oleh karena itu, dalam penyusunan laporan ini saya memberinya judul "Instalasi dan Pengenalan OS. Windows".

1.2         Tujuan
Tujuan dari praktikum ini sebagai berikut.
1.        Praktikan dapat melakukan instalasi Operating System (OS) Windows melalui media virtual.
2.        Praktikan dapat memahami menggunakan Windows.
3.        Mengetahui kelebihan dan kekurangan Windows.



  
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1     Dasar Teori
Sistem Operasi Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.pada umum nya system oeprasi ini banyak sekali di gunakan oleh masyarakat, dari kalangan menengah ke atas hingga ke bawah. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS (Nael, 2015).
Microsoft Windows atau kita sering menyebutnya Windows merupakan jenis sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Windows juga salah satu jenis sistem operasi yang populer digunakan oleh masyarakat dunia. Sebelum Microsoft merilis sebuah sistem operasi yang berbasis tampilan gambar seperti yang sekarang kita ketahui tenyata sistem operasi yang pertama diciptakan adalah sistem operasi berbasis modus teks dan command-line (MS-DOS). Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista. 15.  Windows 8 merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 2012. Versi ini cukup menghebohkan karena memiliki perbedaan yang cukup jauh dari versi sebelumnya. Versi ini menggunakan UI (User Interface) dan memiliki tampilan yang disebut Metro sehingga pengguna dapat langsung berinteraksi dengan mudah menggunakan touch screen. Sistem operasi ini memiliki versi yang berbeda seperti Windows 8 untuk PC, Windows 8 RT untuk Tablet, dan Windows Phone 8 untuk smartphone (Ananda, 2003).
Windows 7 dirilis ke pihak pabrikan tanggal 22 Juli 2009, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis ke masyarakat umum pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah jump list, taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan fitur baru lainnya. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 juga lebih ringan dan harganya juga lebih murah daripada Windows Vista serta dukungan penuh terhadap komputer dengan prosesor multi-core. Windows 7 memiliki 6 (enam) edisi yang sama dengan Windows Vista. Perbedaan hanya dari sisi penamaan, jika Windows Vista memiliki edisi Business maka pada Windows 7 edisi tersebut dinamakan Professional. Meskipun terdapat 6 (enam) edisi yang berbeda, 3 edisi yang paling banyak beredar adalah Windows 7 Home Premium, Professional dan Ultimate. Sebenarnya dalam edisi apapun, semua fitur Windows 7 sudah ada didalamnya, namun fitur-fitur tersebut diaktifkan menyesuaikan edisinya. Untuk memperbaharui ke fitur di atasnya, dapat menggunakan Windows Anytime Upgrade (Kaciak, 2014).
Berikut versi yang dikeluarkan oleh Windows 7:
1.             Windows 7 Starter
2.             Windows 7 Home Basic
3.             Windows 7 Home Premium
4.             Windows 7 Professional
5.             Windows 7 Enterprise
6.             Windows 7 Ultimate
Windows merupakan sistem operasi yang sering kita jumpai pada saat ini karena kebanyakan orang lebih nyaman dan mudah menggunakan sistem operasi windows dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Windows sendiri mengalami perkembangan yang cukup pesat, berikut adalah beberapa sistem operasi windows yang sering kita jumpai adalah windows XP, Sistem operasi ini sangat baik dan kompatibel dengan banyak aplikasi juga dukungan dari vendor-vendor yang lebih baik. Windows XP juga tdak memakan banyak memori saat instalasi sehingga sistem operasi sangat ringan untuk dijalankan. Windows Vista, Sistem operasi ini juga hampir sama dengan windows XP tetapi mempunyai tapilan grafis yang lebih baik Windows 7, merupakan pengembangan dari sitem operasi sebelumnya yang didukung oleh driver-driver sehingga lebih mudah untuk instalasinya. Windows 8, merupakan sistem operasi keluaran terbaru dari windows dengan menyuguhkan antarmuka yang sangat cantik dan lebih baik. Windows 10, adalah sistem operasi buatan microsoft terbaru terbit pada tahun 2015, ini adalah akhir dari microsoft yang katanya tidak akan ada update windows lagi dan ini yang terakhir. pada windows 10 penggunaan tombol start kembali seperti windows 7 karena adanya tombol start membantu pengguna dalam menjalankan dan menemukan software. Dari sekian banyak sistem operasi buatan microsoft tersebut banyak kelebihan dan kelemahannya, berikut adalah kelebihan sistem operasi windows:
1.             GUI yang familiar sehingga pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor
2.             Dukungan perangkat dari driver yang lebih baik
3.             Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows
4.    Mudah untuk digunakan, karena para pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows
Kelemahan Sistem operasi Windows:
1.             Sistem operasi ini berbayar
2.             Instalasi yang lebih sulit dibandingkan sistem operasi linux
3.             Rentan terhadap serangan virus.

(Antara, 2015).

BAB III

METODE PRAKTIKUM


3.1  Prosedur Praktikum
Berikut ini adalah tampilan ketika memasuki BIOS di laptop maupun PC anda :
1.      Tampilan awal memasuki BIOS di Laptop ASUS
Gambar 3.1.1 Tampilan Awal BIOS Laptop ASUS

Penjelasan: Ini adalah tampilan awal BIOS di Laptop ASUS, cara memasuki BIOS dilaptop asus adalah ketika kita memulai menyalakan laptop tekan tombol F12, secara otomatis laptop akan memasuki bagian BIOS nya.

2.      Mengganti bagian boot menjadi USB Flash Drive
Gambar 3.1.2 Tampilan Mengganti Bagian Boot Option

Penjelasan: Seperti yang anda lihat pada gambar berikut, bahwa device yang berada di urutan teratas adalah USB Flash Drive. Jadi laptop anda akan melakukan booting pertama kali dari USB Flash Drive.

Berikut ini adalah langkah-langkah menginstal OS. Windows 7 menggunakan Oracle VM VirtualBox :
1.      Buka VirtualBox di laptop / PC lalu klik Baru
Gambar 3.1.1 Tampilan Awal VirtualBox

Penjelasan: Buka VirtualBox dilaptop / PC lalu klik Baru agar dapat membuat percobaan instalasi OS. Windows menggunakan VirtualBox.

2.      Masukkan nama dan pilih Sistem Operasi yang ingin diinstall
Gambar 3.1.2 Tampilan Ketika Memasukkan Nama dan Sistem Operasinya

Penjelasan: Masukkan nama dan pilih sistem operasi apa yang ingin di install di VirtualBox lalu klik lanjut.

3.      Mengatur ukuran memori untuk OS. Windows yang ada di VirtualBox
Gambar 3.1.3 Tampilan Mengatur Ukuran Memori OS. Windows

Penjelasan: Atur ukuran memori untuk OS. Windows sesuai dengan apa yang diinginkan (direkomendasi mengatur menjadi 512 MB) lalu klik lanjut.

4.      Pilih buat hard disk visual sekarang
Gambar 3.1.4 Buat Hard Disk Visual

Penjelasan: Pilih buat hard disk virtual sekarang agar membuat hard disk virtual lalu klik buat.

5.      Pilih VDI (VirtualBox Disk Image)

Gambar 3.1.5 Tampilan Memilih Tipe Berkas Hard Disk

Penjelasan: Pilih VDI karena standarnya VirtualBox menggunakan format file VDI (VirtualBox Disk Image) untuk penyimpanan hard disk virtual lalu klik lanjut.

6.      Pilih ukuran tetap (fixed size)
Gambar 3.1.6 Tampilan Memilih Penyimpanan Pada Hard Disk Fisik

Penjelasan: Pilihlah ukuran tetap (fixed size) agar kinerja nya lebih baik dan lebih cepat dan juga kapasitas hard disk fisik yang digunakan berdasarkan kapasitas hard disk virtual yang dibuat.

7.      Isikan nama Hard Disk Virtual dan atur ukuran berkasnya
Gambar 3.1.7 Mengisi Nama Hard Disk Dan Mengatur Ukuran Berkas

Penjelasan: Mengisi nama hard disk berguna untuk menentukan nama tampil dan nama folder tempat menyimpan file-file mesin virtual yang akan kita buat. Di layar ini, kita juga dapat merubah kapasitas hard disk virtual yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan kita lalu klik tombol buat untuk membuat mesin virtual Windows 7 berdasarkan pengaturan yang telah dilakukan.

8.      Klik bagian Mulai yang ada di VirtualBox
Gambar 3.1.8 Tampilan Awal Virtual Box

Penjelasan: Klik ganda pada mesin virtual atau klik tombol Mulai (icon panah) untuk menjalankan mesin virtual Windows 7.

9.      Memilih disk drive di dalam VirtualBox
Gambar 3.1.9 Memilih Disk Drive VirtualBox

Penjelasan: Dikarenakan mesin virtual yang kita jalankan belum memiliki sistem operasi, secara otomatis VirtualBox akan menampilkan kotak dialog yang berguna untuk memilih disk drive yang berfungsi sebagai start-up klik bagian berwarna merah seperti gambar diatas.

10.  Pilih berkas disk optik virtual yang ada di laptop
Gambar 3.1.10 Memilih Berkas Optik Virtual

Penjelasan: Pilih master sistem operasi yang akan digunakan. Format file master sistem operasi dapat dalam bentuk iso, cdr atau dmg. Klik ganda pada file master Windows 7 atau klik tombol Open untuk menutup pop-up pemilihan file dan kembali ke layar sebelumnya.

11.  Kembali ke tampilan ketika memilih disk drive lalu klik mulai
Gambar 3.1.11 Tampilan Memilih Disk Drive

Penjelasan: Ketika kembali ke tampilan ketika memilih disk drive klik lah mulai maka secara otomatis akan memasuki bagian instalasi Windows 7.

12.  Masuk kebagian install Windows 7
Gambar 3.1.12 Masuk Bagian Instalasi Windows 7

Penjelasan: Silakan pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan default. Kemudian pilih Next.

13.  Pilih Install now
Gambar 3.1.13 Tampilan Memulai Instalasi Windows 7

Penjelasan: Silahkan pilih Install Now untuk memulai Instalasi Windows 7.

14.  Centang I accept the license terms, lalu klik next
Gambar 3.1.14 Tampilan memasuki instalasi Windows 7

Penjelasan: Silahkan centang bagian I accept the license terms lalu klik next untuk melanjutkan proses instalasi Windows 7.

15.  Klik Custom (advanced)
Gambar 3.1.15 Tampilan memilih Upgrade atau Custom (advanced)

Penjelasan: Disini kita klik custom (advanced) untuk melanjutkan proses instalasi Windows 7 dalam VirtualBox.

16.  Dibagian partisi langsung klik next
Gambar 3.1.16 Memasuki Bagian Partisi

Penjelasan: Disini kita langsung klik next saja untuk melanjutkan proses intasali Windows 7 di VirtualBox.

17.  Tunggu beberapa menit untuk menyelesaikan instalasi Windows 7

Gambar 3.1.17 Menunggu Instalasi Windows

Penjelasan: Dibagian ini kita menunggu sekitar 10-20 menit hingga proses instalasi selesai seperti gambar diatas.

18.  Memasukkan nama pengguna dan nama komputer. Kemudian pilih Next
Gambar 3.1.18 Memasukkan Nama Pengguna dan Nama Komputer

Penjelasan: Masukkan nama pengguna dan nama komputer untuk Windows 7 kamu.

19.  Memasukkan password lalu klik next
Gambar 3.1.19 Memasukkan Password untuk PC/ Laptop

Penjelasan: Masukkan password untuk memproteksi dari tangan yang usil untuk laptop kamu, bagi yang tidak ingin menggunakan password bagian ini bisa dikosongkan lalu klik next.

20.  Memasukkan product key lalu klik next
Gambar 3.1.20 Memasukkan Product Key

Penjelasan: Dibagian ini bagi yang mempunyai product key untuk Windows 7 bisa memasukkannya disini, tetapi bagi yang tidak mempunyai product key bagian ini bisa dikosongkan lalu klik next.

21.  Untuk Windows Update, silakan pilih Ask me later
Gambar 3.1.21 Memasukki Bagian Windows Update

Penjelasan: Untuk Windows Update, silakan pilih Ask me later. Anda bisa memilih Use recommended settings jika DVD windows 7 yang anda miliki original. Tetapi jika tidak, saya sangat menyarankan pilih Ask me later.

22.  Mengatur waktu dan tanggal untuk PC/Laptop kamu, lalu klik next
Gambar 3.1.22 Tampilan Mengatur Waktu dan Tanggal untuk PC/Laptop

Penjelasan: Dibagian ini kita bisa menyesuaikan waktu dan tanggal untuk PC/Laptop kita di Windows 7, setelah selesai klik next.

23.  Instalasi Windows 7 didalam VirtualBox selesai
Gambar 3.1.23 Tampilan Awal Windows 7

Penjelasan: Proses instalasi Windows 7 menggunakan VirtualBox selesai, gambar diatas ini adalah tampilan awal ketika memasuki Windows 7.

BAB IV

PENUTUP


4.1  Kesimpulan
Kesimpulan dari hasil praktikum ini adalah sebagai berikut
1.      Bagi yang ingin instalasi OS. Microsoft Windows bisa menggunakan media VirtualBox untuk mencoba instalasi windows.
2.      Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
3.      OS. Windows mempunyai kelebihan tertentu dan juga mempunyai kekurangan dari OS. Lainnya.

4.2  Saran
Sebaiknya praktikan bisa lebih memahami tentang OS. Microsoft Windows dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari operasi sistem tersebut. Sebaiknua juga praktikan bisa mencoba menginstalasi OS. Windows memakai Virtual Box.

DAFTAR PUSTAKA


Ananda, Reza Lutfi. 2003. Sejarah Sistem Operasi Komputer Windows.
https://portalebookshare.blogspot.co.id/2015/12/e-book-sejarah-sistem-operasi-komputer.html
Diakses pada tanggal 27 Oktober 2016.

Antara, Pebri. 2015. Kelebihan, Kekurangan, Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux Lengkap.
http://pebriantara25.blogspot.co.id/2015/11/windows-vs-linux.html
Diakses pada tanggal 27 Oktober 2016.

Kaciak, Gufron Rajo. 2014. Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Microsoft Windows.
http://dosen.gufron.com/pdf/artikel.13
Diakses pada tanggal 27 Oktober 2016.

Nael, Nata. 2015. Pengertian Sistem Operasi Windows.
http://natanael.ilearning.me/2015/05/03/pengertian-sistem-operasi-windows-sistem-operasi/
Diakses pada tanggal 27 Oktober 2016.



LAMPIRAN










3 comments:

  1. Chuyennhasgthanhhung.com - dịch vụ chuyển nhà trọn gói Hà Nội - chuyển nhà tại Hà Nội - chuyển nhà trọn gói Thành Hưng. Công ty cung cấp gói giải pháp chuyển nhà số 1 Việt Nam, liên hệ ngay với Thành Hưng để được báo giá nhanh nhất và chính xác nhất.

    Từ khóa chuyển nhà Hà Nội - công ty cung cấp dịch vụ chuyển nhà Thành Hưng:

    #chuyennhasgthanhhung #chuyennhasgthanhhung.com #chuyennhahanoi #chuyennhataihanoi #dichvuchuyennhahanoi #dichvuchuyennhataihanoi #dichvuchuyennhathanhhung #chuyennhatrongoithanhhung #chuyennhatrongoihanoi #chuyennhatrongoitaihanoi #donnhathanhhung #donnhatrongoihanoi #chuyennhagiarehanoi #dichvuchuyennhagiarehanoi


    Hệ thống social chuyển nhà Thành Hưng:

    https://visual.ly/users/vantaithanhhung/

    https://www.pearltrees.com/vantaithanhhung300

    https://500px.com/thanhhung300

    https://dashburst.com/vantaithanhhung/

    https://ko-fi.com/vantaithanhhung

    ReplyDelete
  2. Putlocker allows anyone to watch online movies and TV shows without any account registration and advertisements.

    Putlocker - Putlockerc new site 2020 - Putlockers new site | Putlocker new | Putlockerc.to where you can watch free movies online in HD quality.

    #putlocker
    #putlockers
    #pulockerc
    #putlockerproxy
    #putlockers2
    #putlockerreddit
    #putlockerc.to
    #putlockerswebsite




    Putlockers

    Putlockers

    Putlocker

    Putlocker Putlockerc.to

    Putlockerc



    Website: Putlockerc.to

    ReplyDelete

  3. Thietkenhadepmoi.vn - công ty thiết kế nhà đẹp uy tín. Thiết kế nhà - thiết kế nhà đẹp mới - thiết kế thi công nhà đẹp - thiết kế xây dựng nhà đẹp - mẫu nhà đẹp mới. Tổng hợp các mẫu nhà mái thái đẹp - mẫu nhà phố đẹp - mẫu biệt thự đẹp sang trọng.
    Liên hệ ngay với công ty Thiết kế nhà đẹp mới để được tư vấn và báo giá miễn phí!

    Từ khóa thiết kế nhà đẹp mới :
    #thietkenhadepmoi #thietkenhadepmoivn #thietkennha #thietkennhadep #maunhadepmoi #thietkennhadepmoi #thietkennhauytin #maubietthudep #maunhamaithaidep #mauthietkenhadep #thietkexaydungnhadep #maunhaphodep #congtythietkenhadep #thietkethicongnhadep #thietkexaydungnhadep #maunhadepmoi #maunhamoi #xaydungnhadep #congtynhadep

    https://www.wishlistr.com/thiekenhadepmoi
    https://ko-fi.com/thietkenhadepmoivn
    https://weheartit.com/thiekenhadepmoivn
    https://www.deviantart.com/thietkenhadepmoivn
    https://masthead.social/@thietkenhadepmoivn

    Website: Thietkenhadepmoi.vn

    ReplyDelete