Laporan Open Office

Ini adalah laporan ketiga dari Praktikum Pengantar Teknologi Informasi (PTI), Laporan Ini diberi Judul "Open Office" Silahkan bagi yang ingin mendownload laporan ini bisa klik link dibawah ini :
DOWNLOAD LINK

LAPORAN PRAKTIKUM III
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

OPEN OFFICE”


BAB I
PENDAHULUAN 

1.1         Latar Belakang
Dilihat dari kebutuhan masyarakat pada saat ini, banyak sekali software yang dapat membantu pekerjaan kita. Seperti halnya membuat sebuah dokumen, membuat sebuah laporan, maupun tugas-tugas kuliah yang dapat mempermudah pekerjaan kita. Untuk membuat sebuah laporan, kita tidak perlu lagi untuk menulis sebuah laporan secara manual. Karena dijaman sekarang ini sudah ada software yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan kita.
Banyak jenis software yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan kita mulai dari yang paling mudah maupun yang paling susah kita kerjakan, dapat dilakukan oleh software.Contohnya software pengolah kata seperti Microsoft Office, Openoffice.org, dan masih banyak lagi software lainnya yang dapat membantu menyelesaikan semua jenis  pekerjaan kita. Masing-masing dari software ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk membantu menyelesaikan semua jenis pekerjaan para user.

1.2         Tujuan
Tujuan dari praktikum ini sebagai berikut.
1.        Praktikan dapat mengenal menggunakan Open Office.
2.        Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan Open Office.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1     Dasar Teori
Sejarah OpenOffice.org dimulai dari StarOffice.dan OpenOffice bukan paket aplikasi yang pertama, sebenarnya OpenOffice dikembangkan dari kode sumber StarOffice, yang merupakan office suite yang dikembangkan oleh StarDivision yang pada akhirnya diakusisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999. Pada Juli 2000, kode sumber StarOffice dilepas sebagai proyek sumber terbuka oleh Sun, dengan tujuan untuk mengimbangi pasar pengguna Microsoft Office dengan menyediakan aplikasi yang berbiaya rendah namun berkualitas tinggi. Proyeknya dikatakan sebagai OpenOffice, namun untuk rilis resminya tidak menggunakan nama yang sama karena hal ini adalah nama sebuah merk dagang yang dimiliki kelompok lain sehingga mereka mengambil OpenOffice.org sebagai nama resminya. Pada Oktober 2000, Sun Microsystem menyumbangkan kode program StarOffice kepada komunitas Open Source. Sejak saat itu dimulailah proyek pengembangan free office suite yg diberi nama OpenOffice.org. Pada waktu itu, Sun menjadi sponsor utama sekaligus donatur proyek pengembangan OpenOffice.org  yg dikerjakan oleh komunitas Open Source. Saat ini sudah cukup banyak prusahaan yg memberikan sumbangan atau dukungan terhadap proyek OpenOffice.org, beberapa diantaranya adalah Novell, RadHat, Debian, dan Intel. OpenOffice aplikasi berkode sumber terbuka, yang artinya semua orang yang memiliki kemampuan dapat mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan yang ia inginkan dengan syarat tidak menghapus credit atau penghargaan pada orang-orang yang berjasa pada pengembangan OpenOffice sebelumnya (Baya, 2014).
OpenOffice adalah sebuah paket aplikasi yang diperuntukkan untuk pekerjaan kantor seperti penulisan surat, penggunaan spreadsheet, presentasi dan lain-lain. OpenOffice adalah aplikasi berkode sumber terbuka, artinya semua orang yang memiliki kemampuan dapat mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan yang ia inginkan dengan syarat tidak menghapus credit atau penghargaan pada orang-orang yang berjasa pada pengembangan OpenOffice sebelumnya. Paket aplikasi ini dapat diperoleh gratis di website openoffice.org, yang terdiri dari komponen pengolah kata (word prosessor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor dan gudang data atau database. OpenOffice ditujukan sebagai pengganti dari Microsoft Office yang berlisensi amat mahal. Open Office dapat dijalankan dari berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Solaris, Linux dan Mac. OpenOffice mendukung format standar dokumen terbuka dengan ekstensi .odt yang dapat dipertukarkan dengan bebas. OpenOffice bukanlah paket aplikasi yang pertama karena sebenarnya OpenOffice dikembangkan dari kode sumber StarOffice, yang merupakan office suite yang dikembangkan oleh StarDivision yang pada akhirnya diakusisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999. Pada Juli 2000, kode sumber StarOffice dilepas sebagai proyek sumber terbuka oleh Sun, dengan tujuan untuk mengimbangi pasar pengguna Microsoft Office dengan menyediakan aplikasi yang berbiaya rendah namun berkualitas tinggi. Proyeknya dikatakan sebagai OpenOffice, namun untuk rilis resminya tidak menggunakan nama yang sama karena hal ini adalah nama sebuah merk dagang yang dimiliki kelompok lain sehingga mereka mengambil OpenOffice.org sebagai nama resminya (Rizal, 2013).
Jika anda pernah menggunakan StarOffice 5, anda akan melihat adanya kemiripan dengan OpenOffice 1.0. Saat ini, anda sudah tidak dapat men-download StarOffice secara gratis karena versi terbarunya, yaitu StarOffice 6, sudah merupakan aplikasi Office komersial. Namun, sebagai penggantinya diluuncurkanlah OpenOffice 1.0 yang bersifat freewar dan open source. OpenOffice 1.0 terdiri atas beberapa aplikasi, yaitu Writer untuk membuat dokumen teks, Calc untuk membuat dokumen spreadsheet, Impress untuk membuat presentasi, Draw untuk membuat gambar, HTML Editor untuk membuat halaman web, dan Math untuk membuat rumus atau formula. Sama seperti pendahulunya, OpenOffice 1.0 tersedia dalam beberapa platform, yang sudah ada saat ini antara lain Linux, Windows, dan Solaris (Lukman, 2003).
OpenOffice terdiri atas beberapa aplikasi, disini kita akan membahas OpenOffice Writer. Writer atau OpenOffice.org Writer (OOo Writer) adalah satu dari beberapa komponen OpenOffice.org. Writer berperan sebagai pengolah kata. Dengan Writer, kita bisa mengetik karya tulis seperti makalah, artikel, hinga buku. Karya-karya tulis tersebut bisa dilengkapi tabel dan grafik, lalu dieskpor dalam format dokumen populer lain, seperti MS Word (.doc) maupun PDF (Dirgita, 2010)






BAB III

METODE PRAKTIKUM


3.1         Prosedur Praktikum
1.             Bukalah aplikasi OpenOffice.org lalu setelah dibuka klik presentasion.
Gambar 3.1.1 Tampilan Awal OpenOffice.org

2.             Setelah memilih presentasion maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini lalu pilih empty presentation setelah itu klik next.
Gambar 3.1.2 Tampilan saat memilih empty presentation

3.             Setelah itu kita akan meliat kotak dialog seperti gambar dibawah ini untuk memilih background, disini saya memilih Blue Border.
Gambar 3.1.3 Tampilan memilih background untuk presentasi

4.             Setelah mengklik next, disini kita akan melakukan slide transition, tetapi bisa langsung saja klik create untuk mempercepat pengerjaan kita.
Gambar 3.1.4 Tampilan saat pemilihan transition

5.             Langkah selanjutnya disini kita akan menuliskan judul dari praktikum 3 yaitu Open Office di slide pertama.
Gambar 3.1.5 Tampilan saat menuliskan Open Office slide pertama

6.             Di slide kedua saya menuliskan biodata diri saya pribadi.
Gambar 3.1.6 Tampilan Memilih Penyimpanan Pada Hard Disk Fisik

7.             Selanjutnya di slide 3 kita akan membuat table dengan klik insert table.
Gambar 3.1.7 Tampilan saat melakukan insert table

8.             Selanjutnya setelah menekan insert table, kita akan menentukan jumlah kolom dan baris table yang kita buat.
Gambar 3.1.8 Tampilah hasi dari pembuatan tabel dan isinya

9.             Dislide 4 kita akan membuat chart/grafik dari tabel sebelumnya. Lalu kita memberi judulnya chart Nilai Evaluasi Praktikan lalu klik insert chart
Gambar 3.1.9 Tampilan sebelum menekan insert chart

10.         Setelah menekan insert chart maka kita tinggal membuat grafik berdasarkan tabel sebelumya yang kita buat tadi. Berikut adalah tampilan grafik dari tabel sebelumnya yang saya buat.
Gambar 3.1.10 Tampilan grafik yang telah dibuat

11.         Selanjutnya kita akan membuat hyperlink agar bisa berpindah dari satu slide ke slide yang lainnya dengan menekan hyperlink dilayar atas
Gambar 3.1.11 Tampilan saat menekan hyperlink

12.         Setelah menekan hyperlink maka kita akan diminta untuk mengisikan kotak dialog seperti gambar dibawah ini untuk melakukan pengaturan. Setelah selesai kita tinggal menekan tombol apply lalu close.
Gambar 3.1.12 Tampilan untuk mengatur hyperlink yang ingin dibuat

13.         Setelah itu maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini yang mana apabila kita klik tombol tersebut secara otomatis kita akan langsung berpindah ke slide 4.
Gambar 3.1.13 Tampilan dari tombol hyperlink yang telah dibuat

BAB IV

PENUTUP


2.1         Kesimpulan
1.        OpenOffice.org dimulai dari StarOffice.dan OpenOffice bukan paket aplikasi yang pertama, sebenarnya OpenOffice dikembangkan dari kode sumber StarOffice, yang merupakan office suite yang dikembangkan oleh StarDivision yang pada akhirnya diakusisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999.
2.        OpenOffice adalah sebuah paket aplikasi yang diperuntukkan untuk pekerjaan kantor seperti penulisan surat, penggunaan spreadsheet, presentasi dan lain-lain.

2.2         Saran
Sebaiknya praktikan bisa lebih memahami tentang apakah itu OpenOffice. Saat penjelasan didalam praktikum sebaiknya lebih rinci lagi agar tidak ada kesalahan lagi pada nantinya.


DAFTAR PUSTAKA


Baya, Siti. 2014. Sejarah perkembangan Open Office.
http://sumbawaberbagi.blogspot.co.id/2014/07/sejarah-open-office.html
Diakses pada tanggal 11 November 2016.

Devina, Dirgita. 2010. Bisa OOo Writer. Surabaya: Citra Paska.

Lukman, Felix. 2003. Seri FreeWare Populer Open Office 1.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Muhammad, Rizal. 2013. Pengertian Open Office.
http://semogaberkahuntukanda.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-open-office.html
Diakses pada tanggal 11 November 2016



LAMPIRAN













0 comments: